Senin, 12 Maret 2012

KURIKULUM DAN SENTRA YANG DIBUKA

KURIKULUM & SENTRA

Memadukan antara kurikulum nasional (Kemendikbud & Kemenag) dan adopsi BCCT (Beyond Center and Circle Time) dari Florida, USA serta Kurikulum Taman Asuh Anak Muslim LPPKS BKPRMI. 

Integrasi pendidikan keimanan dan ketaqwaan melalui sentra:

1.       SENTRA PERSIAPAN DAN SENTRA IBADAH
·      Memfasilitasi anak untuk menstimulasi motorik halus; mengurutkan, mengklasifikasi, menyusun pola, menyediakan tahap awal, menulis, membaca dan perlengkapan lain yang dirancang khusus untuk memperkuat ketrampilan dan pengetahuan. 
·      Mengenal dan membiasakan nilai-nilai kehidupan beragama sejak dini, dengan materi pokok 6 aspek rukun Iman, 5 aspek rukun Islam dan Ihsan. 
2.       SENTRA BALOK DAN SENTRA SENI & KREATIFITAS
·      Sentra ini dirancang khusus bermain balok. Bermain balok membantu mengembangkan potensi kecerdasan logika matematika dan sains, juga dapat memecahkan masalahnya serta kestabilan perkembangan emosinya.  
·      Sentra Seni dan Kreatifitas menekankan pada penggunaan bahan seni (lem, gunting, crayon, spidol, cat, papan lukis, kertas warna, dan lain-lain) yang kemudian dikembangkan menjadi hasil karya dan kreatifitas.
3.       SENTRA BAHAN ALAM DAN BERMAIN PERAN
·      Adalah sentra untuk mendukung kebutuhan anak dengan bermain bahan sifat cair/bahan alam untuk mengenal alam dan sifat-sifatnya. Hal ini membantu mengembangkan aspek-aspek potensi anak melalui uji coba dan eksplorasi. 
·      Sentra bermain peran (makro dan mikro) membangun kerjasama, mengembangkan potensi kecerdasan dan psikososial serta bahasa.
4.       SENTRA MUSIK DAN OLAH TUBUH
·      Sentra ini menekankan pada pelatihan kepekaan anak dengan bunyi-bunyian melalui iringan tangga nada, irama, birama (ketukan) dengan media alat musik elektronik maupun tradisional dalam gerak dan olah tubuh untuk menyeimbangkan otak kanan dan kiri, sehingga muncul asa, etika, dan estetika.

SELURUH KEGIATAN DI SENTRA TERINTEGRASI DENGAN IMTAQ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar